Breaking News
Loading...
Rabu, 16 Oktober 2019

Inpari 29 Rendaman dan Inpari 30 Ciherang Sub1 Cocok untuk Minapadi

5:15 PM

Minapadi merupakan salah satu subsistem usahatani padi dan ikan di lahan sawah irigasi, bervariasi dari satu daerah ke daerah lain bergantung pada ketersediaan air, curah hujan, bibit ikan, dan pasar. Beberapa keuntungan yang bisa diperoleh: (a) dua jenis pangan pokok yaitu beras sebagai sumber karbohidrat dan ikan sebagai sumber protein, (b) peluang bagi petani untuk meningkatkan pendapatan, (c) pemanfaatan lahan dan air secara optimal, (d) peningkatan kesuburan tanah, (e) pemutusan siklus biologis hama karena ikan, dan (f) penurunan intensitas gulma sawah. Selain itu penanaman ikan di lahan sawah dapat memberi: (a) kesempatan kerja kepada anggota keluarga, (b) penyediaan protein hewani, dan (c) keseimbangan peranan pria dan wanita sepanjang tahun.
Minapadi sudah sejak lama dikenal dan diterapkan petani di beberapa sentra produksi padi, terutama di Jawa, tetapi beberapa komponen teknik budidayanya masih konvensional sehingga produksinya masih dapat ditingkatkan. Ternyata dengan teknologi yang tepat, minapadi dapat memberi pendapatan yang cukup tinggi. Produksi minapadi yang tinggi dapat diperoleh dengan tatakelola bertanam padi dan pemeliharaan ikan sesuai anjuran. Faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan budidaya minapadi antara lain: (a) sistem pengairan (b) varietas padi, (c) sistem budidaya padi, (d) jenis ikan, dan (e) cara pengelolaan ikan.
Karakter varietas padi yang cocok untuk minapadi adalah: (a) perakarannya dalam, (b) batang kuat dan tidak mudah rebah, (c) daun tegak, (d) produksi tinggi, (e) toleran genangan di awal pertumbuhan, (f) tahan hama dan penyakit, dan (g) rasa nasi sesuai selera petani. Varietas yang memiliki ciri-ciri tersebut antara lain: Inpari 29 Rendaman dan Inpari 30 Ciherang Sub1. Sedangkan ikan yang cocok untuk usahatani minapadi mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: (a) laju pertumbuhan cepat, (b) beradaptasi baik terhadap lingkungan, dan (c) disukai masyarakat setempat. Ikan Mas (Cyprinus carpio), Tawes (Puntius Javanicus), Nila (Tilapia nilotica), Gurami (Osphronemus gouramy), Lele dumbo (Clarias batrachus), udang tokal (Macrobrachium rosenbergii) dan ikan pemakan rumput lainnya (Grass carp) merupakan jenis ikan yang cocok untuk dipelihara dalam minapadi.(bbpadi)(maspolhut)

0 comments:

 
Toggle Footer