Breaking News
Loading...
Selasa, 22 Oktober 2019

Antisipasi kemunculan strain hama dan atau patotipe penyakit baru

12:36 AM

Rendahnya nilai guna dan umur edar suatu varietas unggul sering berkaitan dengan terjadinya deteriorasi keunggulan ketahanan dan atau toleransi varietas terhadap hama dan penyakit. Hal tersebut diakibatkan oleh adanya dinamika genetik hama atau penyakit tanaman untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan hidupnya.
Antisipasi terhadap peluang munculnya hal tersebut perlu dilakukan dengan membentuk populasi baru bahan pemuliaan yang berlatar belakang genetik luas, disertai dengan pengembangan metode pengendalian hama dan penyakit yang lebih efisien.
Untuk maksud di atas ketersediaan plasma nutfah unggul mutlak diperlukan. Oleh sebab itu, upaya peningkatan kegiatan eksplorasi, konservasi, dan karakterisasi plasma nutfah untuk memperoleh aksesi yang tahan/ toleran terhadap berbagai kendala biotik dan abiotik perlu ditingkatkan. Demikian pula efisiensi pembentukan populasi dasar bahan pemuliaan perlu ditingkatkan dengan menggunakan berbagai sumber gen unggul, baik melalui teknik pemuliaan konvensional, maupun melalui teknik pemuliaan presisi (precison breeding dan biotechnology and molecular breeding).
Teknik pemuliaan yang disebut terakhir sangat diperlukan untuk membentuk populasi tanaman iso-lini untuk menanggulangi kendala biotik yang mudah membentuk strain seperti blas, tungro atau biotipe seperti wereng coklat, lebih-lebih untuk membentuk populasi tanaman padi yang secara alami tidak memiliki keunggulan sifat yang diinginkan seperti halnya ketahanan terhadap penggerek batang padi.
(bbpadi)(maspolhut)

0 comments:

 
Toggle Footer