Breaking News
Loading...
Selasa, 22 Oktober 2019

Aroma Wangi Pandan pada Pertanaman Padi Aromatik

12:49 AM

2-Acetyl-1-pyrroline (2-AP) adalah odouran kuat yang memiliki aroma wangi seperti pandan atau popcorn. Aroma wangi pandan ini mudah dikenali dari aroma nasi, beras atau bahkan pada pertanaman padi aromatik saat berbunga.
Senyawa wangi ini secara alami disintesis oleh tanaman padi aromatik, akan tetapi tidak disintesis oleh tanaman padi non-aromatik. Beberapa penelitian terdahulu menunjukkan bahwa padi aromatik sebenarnya merupakan padi non-aromatik yang mengalami mutasi pada kromosom tertentu. Mutasi kromosom tersebut mengakibatkan enzim BADH2 (betaine aldehyde dehydrogenase 2) dalam tanaman padi menjadi tidak berfungsi (tidak aktif) sehingga beras aromatik mengandung senyawa 2-AP.
Untuk menghasilkan beras aromatik dengan kadar 2AP lebih tinggi, tanaman padi aromatik disarankan untuk di tanam dalam kondisi iklim yang sejuk, dan kemudian dipanen lebih awal dari varietas biasa.
Balai Besar Penelitian Tanaman Padi telah merilis beberapa varietas unggul padi aromatik seperti Gillirang, Batang Gadis, Sintanur, Situ Patenggang dan Inpari 23 Bantul.
Inpari 23 Bantul, yang dilepas oleh Balitbangtan pada tahun 2012, selain beraroma wangi, juga memiliki tekstur nasi pulen dengan kadar amilosa 17%. Varietas ini memiliki potensi hasil 9,2 ton/ha gabah kering giling (GKG) dengan rata-rata hasil 6,9 ton/Ha GKG. Lebih lanjut, varietas ini tahan terhadap wereng batang coklat biotipe 1, agak tahan biotipe 2 dan 3, serta tahan terhadap hawar daun bakteri patotipe III dan agak tahan terhadap patotipe IV. Inpari 23 Bantul cocok ditanam di sawah dataran rendah – sedang (0-600 m diatas permukaan laut).
(bbpadi)(maspolhut)

0 comments:

 
Toggle Footer